Contact Form

Name

Email *

Message *

Cari Blog Ini

Image

Kapan Palang Merah Indonesia Resmi Dibentuk


Pada Tanggal Berapa Palang Merah Indonesia Resmi Terbentuk

Kapan Palang Merah Indonesia Resmi Dibentuk?

Latar Belakang Berdirinya PMI

Gerakan Palang Merah Indonesia (PMI) adalah lembaga kemanusiaan yang didirikan pada masa penjajahan Belanda. Berdirinya PMI dipelopori oleh dr. RCL Senduk dan dr. Bahder Djohan, dua orang dokter asal Sumatera Barat.

Mereka terinspirasi oleh keberhasilan Palang Merah Internasional dalam membantu korban perang Boer di Afrika Selatan pada tahun 1899-1902. Dokter Senduk dan Djohan kemudian mendirikan Perhimpunan Hindia Belanda untuk Pertolongan Korban Perang pada tahun 1913.

Pembentukan PMI

Tanggal Resmi Pembentukan

Pada tanggal 17 September 1945, Perhimpunan Hindia Belanda untuk Pertolongan Korban Perang berganti nama menjadi Palang Merah Indonesia (PMI). Tanggal ini kemudian ditetapkan sebagai hari jadi PMI.

Tujuan Pembentukan

Tujuan utama pembentukan PMI adalah untuk memberikan pertolongan kepada korban perang dan bencana, serta untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. PMI juga berperan dalam mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan dan perdamaian.

Kini, PMI telah menjadi lembaga kemanusiaan yang besar dan dihormati di Indonesia. PMI memiliki ribuan relawan dan cabang di seluruh pelosok negeri. PMI juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan kemanusiaan, baik di dalam maupun luar negeri.


Comments